Home » » Mengenal Lebih Dekat Begawe Ala Sasak

Mengenal Lebih Dekat Begawe Ala Sasak

Mengenal Lebih Dekat Begawe Ala Sasak
Lain tutuq lain jajak, lain gubuk lain adat, begiitulah pribahasa (sesenggak) Sasak yang yang menggambarkan keragaman adat serta budaya di masing-masing daerah, tidak terkecuali di daerah Lombok sendiri. Termasuk di dalamnya adalah proses selamatan/tasyakkuran/hajatan yang dilakukan oleh masyarakat Lombok yang biasanya disebut dengan begawe. Baik begawe diwaktu melakukan hitanan, nikahan, ulang tahun, ataupun dalam acara lainnya. 
Disebuah Dusun di wilayah Desa Pagutan, tepatnya di Dudun Lembok terdapat sebuah tradisi begawe yang masih menonjolkan budaya gotong-royong yang menjadi ciri khas bangsa Indonesia, namun akhir-akhir ini telah mulai luntur oleh perkembangan zaman, apalagi di wilayah perkotaan. Semua saling bantu tanpa pamrih sejak dari persiapan hingga akhir acara. 
Beberapa hari menjelang hari gawe, masyarakat setempat berdatangan untuk membantu yang akan mengadakan gawe atau disebut dengan “epen gawe” seperti dalam pembuatan kue yang dalam bahasa Sasak disebut “jaje”, atau dalam kegiatan-kegiatan lainnya. 


Kebersamaan dan kekompakan terlihat begitu nyata ketika hari gawe diadakan. Dari pagi warga sudah berdatangan untuk membantu bekerja, mulai dari mengambil air, membuat santan yang akan dijadikan memasak lauk yang akan dijadikan hidangan siang bagi para tetamu. Uniknya, yang mengerjakan pekerjaan seperti memasak dan menjamu adalah laki-laki, baik bapak-bapak yang dalam bahasa Sasak dipanggil Amaq dan yang menjamu tamu adalah para remaja. Tukang masak (cookies) sendiri disebut dengan “Ran” Ibu-ibu hanya ditugaskan untuk mempersiapkan oleh-oleh yang akan dibawa pulang oleh tamu dan mencuci perabotan. 
Masakan has begawe adalah ares (pohon pisang muda) yang dimasak berkuah dengan campuran santan kelapa dan yang tak ketinggalan adalah “ebatan”, terbuat dari campuran nangka muda yang telah dimasak, kembang kelapa yang masih muda,daun singkong atau daun belimbing, ayam atau daging sapi, dan kelapa. Semua bahan dicincang halus menggunakan parang atau golok.



Write By : Khocet Dot Com ~ Panduan Gratis Adobe Photoshop,Blog,Puisi,Ragam Tips,Dan Bahan Ajar

Article : Mengenal Lebih Dekat Begawe Ala Sasak Post By : Khocet Dot Com
Terimakasih atas kunjungan serta kesediaan Anda membaca artikel ini. Kritik yang membangun serta pertanyaan dan saran dapat anda tuliskan melalui kotak komentar,semoga bermanfaat
Share this article :

2 comments:

  1. Makanya orang lombok miskin karena 7 kali begawe setahun hehe

    ReplyDelete

 

Design By : Khocet Dot Com
Powered by Blogger